Ketahui Teknik Shooting Bola Basket Yang Benar Beserta Jenis – Jenisnya

Dalam permainan bola basket ada istilah Shooting yang merupakan teknik yang dilakukan untuk mencoba memasukan bola ke dalam ring dari tim lawan. Karena seperti yang sudah diketahaui bahwa dalam permainan bola basket jika tim ingin menambah poin maka pemain harus berhasil memasukan bola kedalam ring lawan sebanyak mungkin. Itulah mengapa teknik shooting menjadi salah satu teknik dasar yang penting untuk dipahami.

Teknik shooting bola basket sendiri memiliki beberapa teknik dasar dan jenis – jenis shooting bola didalamnya. Namun sebelum anda belajar mengenai jenis – jenis shooting bola basket, terlebih dahulu anda harus mengetahui tentang dasar dari teknik shooting bola basket. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan mengenai teknik dasar shooting bola basket yang wajib dipahami para pemain basket.

1. Tembakan One Hand Shoot

Tembakan One hand shoot ini merupakan teknik shooting paling dasar yang harus dipahami oleh semua pemain basket. Agar bisa melakukan tembakan One hand shoot ini dengan benar anda bisa melakukan langkah berikut ini :

  • Fokuskan pandangan ke arah target
  • Rentangkan kaki, bahu, dan punggung lalu tekuk sedikit lutut anda
  • Pegang bola dengan tangan anda dan posisikan di depan dagu
  • Tekuk siku dari tangan yang memegang bola dan simpang tangan di bagian bawah bola
  • Terakhir tembakan bola ke arah ring dengan memberikan dorongan menggunakan jari dan tangan anda.

2. Tembakan Dua tangan

Tembakan dua tangan ini merupakan teknik dasar lainnya dari shooting bola basket. Cara melakukan teknik shooting ini hampir sama dengan melakukan teknik One hand shoot, hanya saja saat melakukan teknik ini anda menggunakan kedua tangan untuk melakukan tembakan ke arah ring.

3. Tembakan Lay Up

Tembakan Lay Up ini merupakan teknik dasar lainnya dari teknik shooting bola basket. Cara untuk melakukan tembakan Lay Up ini yaitu anda harus melakukan dribble bola sebelumnya dan ketika sudah mulai mendekat ke garis dalam anda bisa melakukan lemparan kedalam ring untuk mendapatkan tiga poin atau anda bisa juga melakukan lemparan pelan kedalam ring yang diarahkan ke backboard.

Itulah beberapa teknik dasar shooting bola basket yang perlu anda ketahui sebagai pemain. Setelah anda mengetahui teknik dasar tersebut barulah anda mempelajari lagi tentang jenis – jenis shooting yang ada dalam permainan bola basket. Untuk lebih jelasnya berikut jenis – jenis shooting dalam permainan bola basket.

  • Jump Shot

Jump Shot ini merupakan teknik menembak bola yang dilakukan sambil melompat. Teknik shooting ini bisa dilakukan jarak dekat maupun jarak jauh yang memungkinkan pemain mencetak three points.

  • Hook Shot

Hook Shot ini merupakan teknik menembak bola basket yang dilakukan dengan posisi badan yang tidak langsung menghadap ke ring. Biasanya teknik shooting ini dilakukan dengan menggunakan satu tangan yang ditekuk bagian pergelangannya sambil melompat.

  • Free Throw

Free Throw ini merupakan kesempatan melakukan shooting bola basket yang didapatkan setelah tim lawan melakukan pelanggaran di sekitar area ring saat tim sedang menyerang.

  • Three Point Shoot

Three Point Shoot ini merupakan kesempatan melakukan shooting bola basket yang memungkinkan anda mendapatkan tiga point sekaligus. Untuk bisa mendapatkan tiga point tersebut anda harus melakukan shooting dari luar garis dalam ring.

  • Bank Shot

Bank Shot ini merupakan cara menembakan bola basket dengan memantulkannya dulu kearah papan ring sebelum akhirnya bola memantul dan masuk kedalam ring.

  • Slam Dunk

Slam Dunk ini merupakan cara menembakan bola basket yang dilakukan sambil melompat kea rah ring setinggi – tingginya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *