Dalam dunia bisnis, invoice adalah salah satu istilah yang sudah tak asing lagi. Invoice dianggap sangat penting untuk melakukan penagihan kepada pelanggan. Diantara jenis invoice yang ada, salah satu invoice yang paling praktis dan akurat adalah online invoice. Berikut ini adalah manfaat menggunakan online invoice untuk bisnis Anda.

1. Transaksi Efisien Dengan Payment Link

Salah satu keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan menggunakan online invoice adalah pelaku bisnis dapat menerima pembayaran dari konsumen hanya dengan menggunakan link pembayaran. Anda dapat membagikan link melalui email, SMS, platform obrolan, dsb. Konsumen Anda juga hanya melakukan pembayaran dengan sekali klik dan Anda dapat langsung menerima pembayaran secara instan!

2. Cepat, praktis dan sederhana

Dengan online invoice, memungkinkan semua bisnis untuk memudahkan dalam mengidentifikasi pembayaran secara real-time. Selain itu, Anda dapat mengatur pengiriman online invoice secara otomatis dan dengan proses yang cepat, sehingga dapat menghemat waktu.

3. Pengiriman kilat – pembayaran instan

Selain pembayaran cepat, Anda juga bisa menggunakan sistem penagihan berulang untuk cara yang jauh lebih cepat. Anda dapat menggunakan fitur “Recurring” yang dapat secara otomatis melakukan penagihan secara berkala dan menjadwalkan pengiriman invoice secara otomatis.

4. Jangkauan transaksi lebih luas

Adanya perkembangan teknologi, termasuk online invoice memudahkan seluruh pelaku bisnis mampu mengirimkan invoice dimana saja. Dengan adanya online invoice Anda dapat melakukan penagihan dan menerima penagihan hanya melalui satu dashboard yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja dengan informasi pembayaran secara real-time.

5. Terima Pesanan Offline Kirim dan Terima Tagihan Online

Online invoice membantu Anda menerima dan mengirimkan penagihan kepada konsumen di seluruh Indonesia. Bahkan Anda sebagai pelaku bisnis dapat menerima pesanan secara offline dan hanya dengan sekali klik dapat membuat, mengirimkan tagihan, dan menerima pembayaran secara online dari konsumen Anda.

Kelebihan Invoice Penjualan Online untuk Bisnis Anda

Dalam menjalankan sebuah bisnis, invoice penjualan adalah sebuah dokumen penting yang harus Anda miliki. Invoice penjualan ini nantinya akan Anda kirim kepada pelanggan ketika melakukan proses jual-beli produk. Jika dulunya invoice diberikan secara manual, invoice di era digital kali ini bisa diberikan secara online.

Kirim online invoice akan mempermudah bagian finance Anda sekaligus memudahkan Anda sebagai pebisnis seputar mengatur administrasi keuangan. Adanya invoice penjualan juga bisa digunakan sebagai investasi dokumen bisnis Anda. Berikut manfaat dan kelebihan online invoice untuk bisnis.

1. Sistem manajemen bisnis jadi lebih baik

Supaya bisnis Anda terkelola dengan baik, maka sistem manajemen juga harus efektif, efisien. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan menggunakan online invoice. Online invoice akan membuat Anda bisa melacak berbagai macam tagihan perusahaan. Apakah tagihan tersebut sudah dibayarkan atau belum dibayarkan. Adanya online invoice membuat Anda tak lagi perlu melacak pembayaran dengan manual. Notifikasi online invoice akan dikirim secara otomatis dan statusnya real time.

2. Jejak rekam audit yang lengkap

Dengan billing online, Anda tak lagi perlu repot jika sewaktu-waktu ada audit mendadak. Karena seluruh data invoice akan tersimpan dengan dengan baik dan rapi di dalam sistem. Adanya invoice pembayaran online ini memungkinkan Anda untuk tracking terhadap waktu penagihan invoice dimana saja dan kapan saja dalam waktu sekejap. Data tentang kapan invoice dikirim, kapan akan dibayar, dan tepat waktu atau tidak bisa dilacak dengan mudah.

3. Bisnis jadi lebih profesional

Kirim online invoice bisa membuat bisnis Anda jauh terlihat lebih profesional dibandingkan invoice manual. Pasti terasa sulit bukan untuk memastikan tagihan invoice terbayar satu per satu. Mungkin Anda bisa menanyakan langsung pada pelanggan tentang tagihan tersebut. Namun hal tersebut bisa membuat bisnis Anda terlihat buruk.

Dengan invoice penjualan online, Anda bisa melacak sendiri kapan apakah invoice telah dikirim, telah dibayar, ataupun belum ada penagihan online. Invoice pembayaran online biasanya juga memiliki fitur “reminder” yang dapat mengingatkan Anda untuk mengirim email penagihan pada pelanggan yang diinginkan sebelum tanggal jatuh tempo.

4. Tak perlu keluar budget untuk konsultan keuangan

Keunggulan lain billing online, Anda bisa mendapatkan data seputar keuangan perusahaan tanpa harus memakai jasa konsultan keuangan atau analis secara manual. Ini bisa menghemat budget bulanan perusahaan Anda karena semua informasi tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui Dashboard Jurnal Billing Anda. Selain itu, adanya invoice penjualan online bisa memberikan insight-insight baru dalam membuat strategi bisnis yang lebih baik kedepannya.

Semua kemudahan dan kelebihan invoice penjualan maupun invoice pembayaran online tersebut bisa Anda nikmati dengan memakai layanan dari Jurnal. Jurnal adalah payment gateway yang dapat membuat invoice secara praktis, mudah dan cepat, yang dapat Anda berikan untuk pelanggan.

Seluruh transaksi invoice yang ada akan ditampilkan secara detail paa dashboard Jurnal Billing Anda. Salah satu pekerjaan keuangan yang menyita waktu ini bisa Anda lakukan dalam waktu singkat.