Hujan merupakan salah satu peristiwa alam yang terjadi dalam bumi. Bahkan setiap negara di bumi memiliki curah hujan untuk kehidupan didalamnya. Meskipun negeri yang diselimuti oleh padang pasir sekalipun pastinya memiliki fenomena hujan dalam satu tahunnya. Terlebih negara Indonesia yang merupakan negara tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi.

Hujan dapat didefinisikan sebagai titik air yang jatuh ke permukaan bumi sebagai akibat proses pendinginan dalam udara. Proses ini disebut sebagai kondensasi. Melalui proses ini hujan terbentuk dan membasahi bumi. Tahukah kamu jika hujan memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia? Nah berikut ini peranan dan juga kelebihan di bumi ini bisa terjadi hujan:

  1. Sumber persediaan air minum

Hujan mempunyai banyak khasiat buat kehidupan. Salah satunya yang sangat berarti merupakan selaku pangkal air minum orang.Hujan sendiri akan jatuh ke permukaan bumi dan menjadi cadangan air minum. Dengan adanya air maka manusia dapat melakukan berbagai kegiatan seperti minum, makan, beberes rumah, bercocok tanam hingga membersihkan diri. Sebab itu, dalam ajaran orang muslim terkadang disarankan membaca doa ketika hujan untuk mensyukuri rahmat yang ada tersebut.

  1.     Membuat Subur Berbagai Tanaman

Seperti yang disinggung di atas, hujan akan membuat beragam tumbuhan hidup dan tumbuh. Akar tumbuhan dapat menyerap air dalam tanah sehingga mampu menyediakan unsur hara bagi tumbuhan untuk hidup. Dengan begitu tumbuhan dapat memberikan beragam kebutuhan yang mencukupi konsumsi harian manusia seperti sayuran, buah hingga ragam tanaman hias. Maka dari itu penting bagi orang muslim memanjatkan doa ketika hujan saat musim hujan tiba.

  1.     Mencukupi Penerangan Semua Bidang

Selain mampu menopang kehidupan, hujan juga berguna dalam menunjang kebutuhan penerangan, loh! Aliran air yang deras dan selalu tersuplai air akan mendukung adanya penerangan dalam daerah tersebut. Dengan dorongan perlengkapan pengubah tenaga aksi jadi listrik hingga gerakan air yang kencang bisa digunakan selaku PLTA.

  1.     Mampu memperbaiki kualitas udara dalam sebuah area

Air mampu menetralisir udara dalam suatu wilayah yang memiliki tingkat polusi tinggi. Maka dari itu tidak heran jika hujan anda akan menghirup udara yang lebih segar dibandingkan dengan sebelumnya. Sebab itu ketika terjadi kebakaran lahan maka hujan diharapkan datang untuk mengatasi api yang menjalar dan memperbaiki kualitas udara dalam wilayah tersebut.

Keuntungan hujan tersebut menyebabkan banyak masyarakat muslim memanjatkan doa ketika hujan. Dengan begitu mereka akan menjadi bersyukur atas udara bersih dan juga beragam rahmat yang diberikan. Hujan sendiri membuat suasana parenting islami yang nyaman dan menciptakan quality time bersama dengan keluarga karena tidak mampu kemana – mana. Sehingga penting untuk memanjat kan doa ketika hujan untuk kebaikan bersama dan juga memanjat kan syukur atas rezeki yang diberikan.