Rumah yang nyaman tentunya harus diusahakan, tidak hanya oleh ibu rumah tangga tetapi juga seluruh penghuni rumah harus mengupayakan hal tersebut. Rumah nyaman bisa dicapai dengan terjaganya kebersihan setiap harinya. Oleh karena itu daily cleaning harus selalu diupayakan. Dengan daily cleaning rumah akan minim kotoran, kamu akan lebih bisa merasakan energi positif dari setiap sudut rumah, dan tentunya akan membuat kamu dan keluarga akan lebih betah berada di rumah. Apalagi ditengah situasi pandemi seperti sekarang ini, tentunya rumah yang nyaman adalah kebutuhan utama.

Jika kamu mempunyai rumah yang selalu berantakan dan jauh dari kata-kata rapi maka daily cleaning adalah yang kamu butuhkan. Selain membiasakan daily cleaning kamu juga harus mengubah cara kamu hidup menjadi lebih tertata dan teratur. Kamu dan keluarga kamu harus mengupayakan bersama-sama agar rumah dan keluarga yang nyaman bisa kamu capai dan bukan sebagai angan-angan semata.

Contoh simpel dalam proses mengubah kebiasaan adalah dengan ringan tangan aliyas kamu selalu mengembalikan sesuatu yang tidak pada tempatnya seketika saat kamu melihatnya. Dengan begitu pekerjaan daily cleaning akan berlangsung lebih gampang bagi kamu dan keluarga. Berikut list kebiasaan yang akan mempermudah kamu dalam proses daily cleaning.

List Kebiasaan Berikut Mempermudah Proses Daily Cleaning

Usahakan memajang hiasan yang diperlukan saja

Kebiasaan mengumpulkan suatu barang lebih dari satu membuat rumah akan terlihat selalu berantakan. Meskipun niat kamu baik untuk berjaga-jaga saat barang hilang, namun ternyata langkah tersebut kurang efektif. Oleh karena itu alangkah baiknya kamu jika punya dua barang yang sama keluarkan salah satu saja dan letakkan yang lain di ruang penyimpanan kamu. Kemudian pastikan barang-barang yang ada di luar adalah barang yang fungsional dan tertata rapi di luar. Pastikan kamu selalu mengembalikannya ke tempat semula selesai kamu menggunakannya.

Rutin membersihkan debu

Daily cleaning dalam membersihkan debu merupakan suatu hal yang wajib. Kamu bisa memberikan sedikit waktumu untuk melakukannya. Kamu pun bisa melakukan daily cleaning debu sambil menonton film atau televisi. Membersihkan debu merupakan pekerjaan daily cleaning yang gampang sehingga kamu jangan malas melakukannya ya. Karena debu yang menumpuk akan mengganggu pernapasan dan terntunya rumah menjadi lebih pengap apabila itu dibiarkan.

Meletakkan pakaian kotor di tempatnya

Di dalam rumah selalu sediakan tempat menaruh pakaian kotor yang cukup. Kamu pun harus menekankan pada setiap orang bahwa daily cleaning akan menjadi lebih ringan ketika semua orang meletakkan pakaian kotornya ditempat yang sudah disediakan dengan begitu ruangan akan terlihat lebih rapi dan jauh dari pakaian yang berserakan. Kemudian jika kamu selesai mencuci pakaian, usahakan selalu menyetrikanya agar lemari selalu rapi kamu bisa melakukan proses setrika saat kamu santai sambil nyemil ataupun nonton.

Tidak membuang sampah sembarangan

Sampah pada awalnya memang hanya satu, missal selembar kertas, namun pada kurun waktu yang sebentar saja sampah tersebuh akan menumpuk dan berserakan jika tidak dibereskan. Daily cleaning akan lebih memudahkan jika keluarga dan kamu mempunyai kesadaran untuk selalu membereskan kertas selesai digunakan dan usahakan selalu memilah sampah yang ada di rumahmu baik itu sampah kertas maupun sampah lainnya. Dengan begitu proses daily cleaning akan berlangsung lebih terorganisir dan gampang. Simpanlah barang seperti kertas yang dibutuhkan saja dan buanglah yang tidak kamu dan keluargamu butuhkan.

Selalu bersihkan alat masak dan piring setelah dipakai

Membersihkan alat memasak dan piring setelah digunakan kadangkala menjadi sebuah pekerjaan yang malas untuk dilakukan. Padahal pekerjaan ini jika tidak kamu lakukan akan membuat dapurmu berantakan dan kotor apalagi jika kamu tidak membuang sampah sisa memasak atau sisa makanan dapurmu juga akan bau dan akhirnya tidak nyaman untuk sekedar dibuat hangout. Kemudian berikan kewajiban pada setiap anggota keluarga untuk mencuci piringnya setelah makan dengan begitu proses daily cleaning akan berlangsung cepat.

Wajib merapikan kamar sebelum pergi

Merapikan kamar tidur haruslah menjadi kewajiban setiap pemilik kamar. Kebiasaan selalu membereskan kamar akan juga membuat rumah menjadi lebih nyaman ketika dihuni. Jika kamu seorang ibu rumah tangga kamu harus memastikan semua anggota keluarga disiplin terhadap kebiasaan merapikan tempat tidur setiap selesai digunakan. Untuk anak-anak jika belum bisa ajaklah bersama kamu untuk membereskan kamarnya, itulah cara tepat menanamkan pada anak bahwa membereskan kamr merupakan hal yang harus menjadi kewajiban mereka.

Demikian kebiasaan yang harus kamu tanamkan pada dirimu dan keluargamu dengan begitu proses kamu daily cleaning akan mudah dilakukan. Kamu akan mempunyai rumah yang lebih homey dan energi positif bisa terpancar dari anggota keluargamu dan dari segala sudut rumahmu.