Salah satu perangkat utama pada suatu sistem suara adalah mikrofon. Peranti yang berfungsi sebagai input ini ternyata memiliki beberapa jenis yang wajib dipahami sebelum membeli di tempat jual sound system. 2 jenis yang paling umum adalah dinamik dan kondensor, dengan fungsi dan bentuk yang berbeda. Berikut ulasan mengenai kedua mic tersebut

Mic Condenser Atau Mikrofon Kondenser

Mikrofon yang satu ini kian naik daun dengan maraknya aktivitas streaming dan vlogging. Pada dasarnya, di sistem suara pun akan butuh jenis ini karena fitur dan fungsinya yang lebih baik dari mik biasa. Mikrofon kondenser sendiri juga dikenal dengan nama capacitor microphone yang memiliki bentuk lebih pendek, bulat dan terbuka.

Jika melihat fungsi, maka tujuan utama dari mic satu ini adalah mengolah sinyal suara yang hanya ada di dalam ruangan itu saja. Jadi, suara sekecil apapun pasti akan tertangkap oleh mic tersebut. Hal tersebutlah yang menjadikan mic ini favorit para streamer games dengan ruangan khusus. Bahkan tidak sedikit studio yang juga memilih mic kapasitor untuk input lebih jernih.

Jika Anda melihat kemampuan itu, tidak jarang jika mic tersebut dibanderol dengan harga lebih tinggi. Distributor resmi jual sound system produk kenamaan pun akan mengatakan bahwa kualitasnya lebih tinggi. Pasalnya, mik ini telah dilengkapi dengan diafragma getar yang ditangkap plat sehingga mampu menangkap suara dengan power sangat kecil sekalipun.

 

Mic Dynamic Atau Mikrofon Dinamik

Berbeda dengan jenis kondenser, mic ini memiliki bentuk yang cenderung lebih besar. Pasalnya terdapat kumparan, magnet, dan diafragma plastik untuk menggerakkan kumparan tersebut. Dasar dari prinsip mik ini menyerupai speaker yang mana akan menerima dan mengubah tegangan menjadi getaran suara dengan impedansi tertentu.

Karena sistem tersebut, banyak yang mengatakan bahwa efisiensi kerja dari mic ini jauh lebih rendah dari mic kondenser. Hal tersebut dikarenakan butuh adanya getaran yang kuat untuk menggerakkan kumparan. Alhasil, mic ini hanya mampu menangkap suara dengan power yang tinggi pula. Sehingga dikatakan bahwa mik dinamik tidak begitu sensitif.

Tempat jual sound system bisa memberi rekomendasi sesuai dengan kebutuhan karena mic jenis ini perlu sumber suara yang dekat. Tidak hanya itu, sumber suara juga harus lebih lantang. Jika kedua kondisi tersebut tidak terpenuhi, maka output suara tidak akan sempurna. Mik ini juga cenderung menghasilkan suara medium bass dibanding condenser.

Dengan mengetahui kedua jenis mic tersebut, setidaknya Anda sudah memiliki bekal ilmu dan ide akan produk yang harus dibeli. Tidak hanya itu, Anda pun mampu membedakan kedua produk agar tidak tertipu dengan harga dan kualitas. Agar hati lebih tenang, pastikan Anda membeli melalui distributor terpercaya seperti Goshen Swara Indonesia melalui goshen.co.id.